Sabtu, 05 Januari 2019

Cara menulis yang baik dan enak dibaca

salam pembaca Jasa Backlink Review Murah  tema bahasan kali ini tentang Cara menulis yang baik dan enak dibaca, Tanpa sadar menulis dan membaca sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari entah itu membaca di sosial media maupun situs berita sesuai dengan informasi yang kita butuhkan. Menulis menjadi salah satu cara untuk menuangkan ide dan isi pikiran kita sesuai passion maupun pengalaman yang akan kita bagikan ke pembaca.

Cara menulis yang baik dan enak dibaca

Agar tidak asal dan menghasilkan karya tulisan yang baik, Anda harus lebih teliti dalam mengolah tulisan Anda.Dalam tulis-menulis sebagai pekerjaan, tentu Anda tidak bisa menulis dengan bebas tanpa aturan. Tulisan Anda harus bersifat serius dan profesional. Serius dalam arti menaati aturan seperti penggunaan huruf kapital, cetak miring, hingga tanda baca.

Terdengar sulit? Tidak sesulit itu, kalau Anda tahu kiat-kiatnya.

Bagi peminat bidang tulis-menulis, perhatikan delapan kiat berikut ini agar tulisan Anda enak dibaca, berisi, bahkan menginspirasi.

1. Sering membaca

Sering membaca menambah wawasan dan memperkaya perbendaharaan kata serta bakal tercetusnya ide topik bahasan yang bisa kita kembangkan berupa imajinasi kerangka tulisan. Jangan batasi jenis bacaan Anda, bacalah semua jenis bacaan selain memperkaya kosakata, style menulis anda juga akan lebih berkembang sesuai dengan style sendiri. Membaca karya-karya penulis terkenal akan membuat Anda memahami mekanisme penulisan yang baik serta membaca selera masyarakat.

2. Banyak berlatih

Banyak berlatih akan membuat Anda semakin mantap menulis. Sudah banyak platform untuk Anda jadikan sarana menulis. Misalnya blog dan media sosial. Ceritakan saja berbagai pengalaman hidup Anda, seperti traveling, pengalaman diet, pengalaman cepat seo, dan sebagainya dalam bentuk tulisan.banyak berlatih tanpa takut batasan akan lebih mengembangkan ide menulis anda, dan nantinya belajarlah mengelompokan ide segar anda kedalam kategori yang memang sesuai dengan postnya.

3. Catat ide Anda secara spontan


Ide bisa datang kapan saja. Saat Anda bepergian, dalam perjalanan pulang ke rumah, pergi bersama teman, dan sebagainya. Setiap ada ide terlintas di kepala, langsung tuangkan dalam bentuk tulisan. Entah ide untuk artikel, tema tulisan, atau bahkan plot untuk tulisan fiksi Anda. Jangan menunggu dan membiarkannya begitu saja, karena ide-ide itu akan dengan mudah terlupakan. Catat juga percakapan menarik yang mungkin Anda dengar di jalan di sebuah buku kecil atau catatan ponsel Anda. Mudah, kan?

4. Jangan terpaku pada “inspirasi”

Terkadang orang merasa tidak mampu menulis karena tidak memiliki inspirasi. Janganlah terpaku pada hal itu. Anda bisa mulai menulis dari pengalaman pribadi atau mengenai hal-hal yang Anda sukai. Memang, akan lebih baik bila Anda merencanakan terlebih dahulu apa yang akan Anda tulis, agar tidak mengalami kebuntuan. anda bisa sambil mengamati sekeliling anda dengan membawa notes kecil untuk menulis sub judul yang bisa anda jadikan bahan tulisan anda secara spontan.

5. Gunakan bantuan

Saat menulis cara cepat seo ataupun tema lainya, tidak perlu malu menerima bantuan. Bertanyalah kepada orang yang lebih mengerti atau bukalah kamus bila perlu. Tak perlu menduga-duga bila tidak yakin dalam penulisan sebuah kata, karena dengan menduga duga anda tidak akan menemukan power dari yang anda tulis. cobalah cari referensi dari situs yang pasti seperti wikipedia ataupun situs terpercaya lainya, dan jangan lupa sesuai kode etik cantumkan link sumbernya ya guys..he he

6. Istirahat sejenak

Saat menulis panjang, Anda mungkin jenuh. Apalagi, mata Anda mungkin lelah karena melihat layar komputer secara terus-menerus. Istirahatkanlah sejenak mata Anda agar mengurangi rasa lelah. Jangan memaksakan diri terus menulis serta pacinglah ide segar anda secara natural tanpa terbatas kosa kata yang membuat buntu ide menulis anda.

7. Lakukan revisi

Setelah berhasil menulis sesuatu, baca kembali tulisan Anda dan lakukan revisi. Banyak orang malas melakukan hal ini karena menganggapnya menyita waktu. Perhatikan baik-baik penggunaan huruf kapital, tanda baca, spasi, kesalahan penulisan, cetak miring, serta penulisan angka, gelar, hingga tempat dan tanggal. Konsentrasilah, jangan asal membaca dengan cepat, karena bisa saja ada yang terlewat atau terlupakan. Cek adakah penggunaan kata atau kalimat yang kurang pas dan gantilah bila perlu. Orang lain enak membaca tulisan Anda, hati Anda senang, kan?

8. Baca secara terbalik

Cara yang juga perlu ditempuh untuk merevisi tulisan Anda, membacanya secara terbalik. Bacalah dari belakang ke depan. Anda akan lebih teliti saat melihat tulisan Anda, apakah ada yang kurang atau salah.dengan teknis reading regresif alias membaca secara alur terbalik anda akan bisa merasakan feel alur dari tulisan anda sekaligus koreksi secara natural tanpa khawatir ada kesalahan kembali.

nah dari urutan point Cara menulis yang baik dan enak dibaca diatas bisa anda simak dan tentunya anda bisa menarik kesimpulan bahwa menulis adalah suatu cara interaksi share pengalaman ataupun cara antara penulis dengan pembaca melalui media tulisan yang mudah dipahami.so tunjukan ide menulis anda, dan jangan lupa terus berekspresi menulis ide segar anda.

This Is The Newest Post
Diberdayakan oleh Blogger.